Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hacker Islami, Adakah ?

Image From http://www.nirapadnews.com/ 

Hacker ? Pernah mendengarnya ? Bagi netter atau kita yang gemar online , Pasti tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan banyak berita yang muncul ada beberapa hacker yang merusak Fasilitas khalayak umum. Seperti yang masih hangat 2017 ini, berita menyebarnya virus computer yang bernama Ransomware yang telah memakan banyak korban jutaan computer pribadi maupun klayak umum pemerintah dan perusahaan besar ( Exp : Fedex , etc ). Bahkan sampai bahayanya, Kominfo Indonesia menyiarkan kepada masyarakat umum untuk mengamankan data datanya.

Lalu, siapa sebenernya hacker itu ?. Peretas ( Inggris : Hacker ) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk kedalam computer, sytem keamanan dan jaringan baik untuk keuntungan atau motivasi oleh tantangan.


Sejarah Hacker

Kata Bahasa inggris “ Hacker “ pertama kalinya muncul sekitar tahun 1960 an dengan arti positif untuk menyebut orang anggota yang memiliki keahlian dalam computer dan bisa buat program computer yg lebih baik. Ya kurang lebih seperti itu maknanya. J
Lalu pada tahun 1983, istilah hacker mulai dikonotasikan negative, ya pada waktu itu ada sekelompok orang yg di sebut hacker dinyatakan bersalah oleh FBI atas pembobolan 60 buah computer. Nah, akhirnya bermunculanlah sekelompok2 lain yang mengaku aku hacker. Padahal bukan. Mereka itu cracker atau orang yang tidak mau bertanggung jawab atas ulahnya.
Beda ya, HACKER dengan CRACKER. Hacker seringkali dapat citra buruk dimasyarakat, karena masyarakat yang belum paham dan belum dapat membedakan. Padahal CRACKERlah yang mengakibatkan berbagai kerugian, seperti mendeface / mengubah tampilan website org lain , menyisipkan virus dan memanfaatkan celah keamanan demi untuk keuntungan dan Bukan malah memberi pengarah apalagi mau mengamankan system.


Hacker Islami , Adakah ?

Hacker Islami.., Adakah ? Bagaimana jika pertanyaan itu di tujukan pada kita ? Kira bagaimana kita menjelaskannya ? Okelah sobatku yang cerdas2 ini. Begini,..Pernah dengar belum tentang perang Cyber antara Ahok dengan Salah satu anggota FPI Tahun 2016 kemarin ? Ya..Mereka perang media. Ribuan serbuan dan saling serang lewat media entah itu Share WA, Fb dan lain2, Yang intinya saling mempengaruhi public. Pada waktu itu sebelum ada demo 212 dijakarta, Lebih dikenal perang Media dahulu atau Mega Cyber Army yang saling menyerang. Pada waktu itu Umat Islam banyak yang menamakan dirinya Cyber Muslim dan ada juga yang tanpa nama atau bertindak Anonymous untuk meruntuhkan Ahok dan Sekutunya. Dan Alhasil Umat Islamlah yang menang !

Ada juga tahun 2016 kemarin sesudah Demo 212 muncullah sekelompok orang melakukan “ Jihad Media “ ya saat itu web website official FPI di ambil alih oleh Cyber Police dan web muslim di blokir dan akibatnya tak bisa di akses Seperti Islampos.com , LampuIslam.com , Eramuslim dan banyak web muslim lainnya yang di blokir DNS ( Domain Name Sytem ) nya dengan alasan yang kurang jelas dari Kominfo. Mungkin bagi netter tingkat Advanced mudah sekali untuk menembus blockade dari Internet positif yang ngawur itu. Tapi disayangkan bagi yang awam akan IT , pastinya tak bisa membuka dan akibatnya dapat menurunkan trafik dan Indexing google. Tidak hanya disitu saja, akhirnya terus bermunculan Cyber Muslim yang saling menyatu , ada yang membentuk Jitu ( Jurnalis Islam Bersatu ) dan banyak lagi yang misinya mengislamkan Pers Indonesia untuk menyampaikan biji biji mutiara kebenaran. Dan Alhamdulillah sejak kejadian itu Web2 muslim bisa di akses kembali dan itu juga dapat menjadi pelajaran khusus bagi pemerintah untuk Adil dan tidak pandang bulu agama ras ataupun budaya.

Hacker Islami. Ya hacker memang tidak bisa di bilang buruk secara mutlak dan tidak bisa dibilang baik secara mutlak. Tergantung bagaimana prosesnya dan tujuannya. Seperti firman Allah QS. Al Maidah ayat 2 :
“ … dan tolong menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebajikan dan taqwa , dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran …” ( Al – Maidah : 2 )
Jadi hacker itu bisa dijadikan kegiatan yang positif .Contonhya mengetahui sytem yang rentan ( bisa melapor kepada adminnya atau kita perbaiki dengan cara negoisasi terlebih dahulu. Atau malah kita mampu membuat sytem pertahanan yang bisa di jual untuk menangani sytem tersebut


Ingin JADI Hacker ?

Seorang Hacker tidak akan menyebut dirinya hacker , mungkin karena kerendahan hati dan ilmunya
Bahkan dikalangan komunitas underground hacker . Mereka hanya tampil sebagaI Anonymous( Tanpa pengenal / nick name / code name ) saja. Yaaa, karena Julukan hacker didapatkan dari Teman2 nya yang telah mengakui dirinya.

Jika kita ingin jadi hacker ? hemtt, gimana ya ? J Nampaknya hacking itu aktifitas yang rumit dan Tantangan yang seru. Ya memang begitu , Bagi teman2 atau kawula muda yang berbekal otak cerdas dan pantang menyerah bisa belajar di banyak pustaka dan Komunitas. Seorang hacker pastilah dituntut untuk mengetahui Bahasa pemograman , minimal dasar seperti PHP, HTML, CSS, Bootstrap, Asp. Java Script dan lain lain.

Diantara komunitas Indonesia dan situs2 yang dapat dijadikan referensi adalah Xcode Yogya Free kamu bisa langsung chek di https://xcode.or.id/ , Binus Hacker ( Komunitas )  dan banyak lainnya. Cukup cari di google dengan keyword “ Komunitas Hacker Indonesia “ atau keyword sesuka mu .
Nah seorang hacker pastilah dituntut bisa Bahasa inggris. Minimal pasiflah ya . Mengingat banyak situs tentang hacker yang berbahasa inggris. Ya situs2 itu nonlocal ( bukan Indonesia ). Diantara situs web yang dapat digunakan adalah www.milw0rm.com . Disitu kita dapat mencari isu2 tentang Exploit dan Celah Injection terbaru. Situs ini memberikan informasi realtime , cukup bagaimana kita ambil langkah yang bijak. Entah malah melakukan Hacking atau membuat sytem pengamanan.

Jika kita ingin mengetes atau coba coba kemampuan hacker silahkan kunjungi www.hackthissite.org . Situs ini menawarkan tantangan buat kamu semua untuk melakukan penyerangan kepada meraka. Jika sobat menyerang  ( DDOS, DeFACE, Etc )  ke website tertentu kan bisa diburu Cyber Police, tapi kalo di website ini, aman aman saja. Karena This Site adalah tempat praktek hacker yang paling keren dan aman uNtuk uji Ketangguhan Sobat.


Penulis : ( Sw )
Facebook : Satrio W

Posting Komentar untuk "Hacker Islami, Adakah ?"