Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Yang Buat Kamu Cerdas

Knowledge-sharing

Assalamu'alaikum Sobatku semua, walaupun kita sudah berpendidikan tinggi. Tapi kita juga harus mengasah terus otak kita bukan ?

Katanya wajib menuntut ilmu ?iya to ? Ya ini kita coba tuliskan beberapa kebiasaan yang dapat membuat kita lebih smart . Check It Out ....

Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Pepatah ini adalah benar, sebab dengan membaca kamu akan terus mengasah otak untuk terus update mengenai ilmu dan pengetahuan terbaru yang ada dan sedang berkembang di masyarakat. Kamu bisa menyisihkan waktu dalam sehari minimal untuk membaca satu bab buku. Lakukan rutinitas ini secara rutin dan kecerdasan kamu pun akan meningkat secara otomatis.

Membaca Koran

Selain membaca buku, koran juga merupakan media yang bisa membantumu untuk terus update dengan berita terkini. Orang yang cerdas akan tahu hal-hal apa saja yang sedang ramai dibicarakan oleh lingkungan sekitarnya. Kamu bisa membiasakan diri untuk membaca koran di pagi hari sesaat sebelum sarapan pagi atau sebelum pergi ke kantor.

Menonton Tayangan Edukasi

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan berikutnya adalah kamu harus bersikap selektif terhadap jenis hiburan yang kamu pilih, termasuk saat menonton tayangan di televisi. Pilih tayangan yang memang memberikan pengetahuan atau bisa mengedukasi penonton dibandingkan dengan sinetron atau hal-hal lain yang justru membuat kecerdasanmu statis atau tidak berkembang. Ada banyak tayangan edukasi yang bisa kamu tonton, tidak hanya di televisi tetapi juga media lainnya seperti youtube.

Menuliskan Apa yang Kamu Pelajari

Jika kamu tipikal orang yang mudah melupakan hal-hal sederhana, cobalah untuk rutin menuliskan segala sesuatu yang sedang atau telah kamu pelajari. Catatan ini dapat kamu gunakan sebagai buku pengingat yang akan dibutuhkan kelak saat ingatanmu memudar. Kamu pun dapat mempelajari hal tersebut secara berulang-ulang dari apa yang telah kamu tuliskan di buku catatan.

Mengaplikasikan Hal yang Telah Dipelajari

Ilmu tidak hanya butuh untuk dipahami, tetapi juga diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mengaplikasikan hal-hal yang telah dipelajari tadi sebagai kebiasaan yang akan meningkatkan kecerdasan kamu secara otomatis. Kamu tidak hanya pandai secara teoritis tetapi juga praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari sebelumnya juga akan memberikan dampak positif pada masyarakat.

Berbagi Pengetahuan Dengan Orang Lain

Bosan melakukan hal-hal tadi sendirian? Kamu bisa kok berbagi pengetahuan dengan orang lain. Cobalah diskusi mengenai suatu topik yang menarik dengan rekan kerja, teman, atau bahkan anggota keluarga lain. Hal ini juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara meningkatkan kecerdasan kamu, sebab kamu tidak hanya belajar dari satu sudut pandang saja. Selain itu, orang lain yang merasa terbantu oleh kamu, suatu saat tidak akan segan membagikan ilmu lain yang mungkin kamu belum terlalu paham sekarang.

Mengikuti Kelas Pelatihan Online

Apabila berbagi pengetahuan dengan orang lain belum dirasa cukup untuk meningkatkan kecerdasan kamu, cobalah untuk mengikuti kelas pelatihan online yang saat ini cukup mudah ditemukan di internet. Banyak situs belajar online sperti www.khanacademy.org ,Primagama, Geo De EL EL.. Selamat  mempraktekkan ya sobt. Bye :-)

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Yang Buat Kamu Cerdas"