Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPM, OKP Terbaik Nasional


Pemberian penghargaan OKP Berprestasi 2015 kepada PW IPM se-Indonesia
Jakarta-Selama periode 2014-2016, Pimpinan Pusat IPM tiga kali mengikuti pemilihan OKP Berprestasi dari Kemenpora; Tahun 2015 IPM mendapat Peringkat I dalam ajang Penghargaan Pemuda Indonesia dengan program Sociopreneurship melalui metode seleksi - pemilihan menggunakan people voice dan Peringkat I dalam ajang Pemilihan OKP Berprestasi Piala Soegondo Djojopuspito dengan program Book On The Street.

Penghargaan Organisasi Kepemudaan (OKP) Berprestasi Nasional 2016 kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI). 10 OKP masuk dalam babak final penilaian Penghargaan OKP Terbaik Nasional, dengan IPM menjadi salah satu diantaranya. Pengumuman pemenang OKP Terbaik Nasional dilaksanakan pada Senin (25/10) di Gedung Kemenpora RI.

Tahun ini dengan segala perjuangan dan persiapan yang matang, PP IPM mengajukan program Indonesian Youthpreneur Movement (IYM) yang menjadi penyokong gerakan literasi, pendidikan, konservasi ekologi, kebencanaan dan dakwah, IYM sudah dilaksanakan lebih dari dua tahun oleh IPM. Tetapi juri menetapkan PP IPM sebagai juara ke 3 dalam pemilihan setelah melakukan seleksi administrasi, verifikasi faktual dan presentasi. Sedangkan pada posisi pertama ditetapkan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dengan program Rumah Ramah Pelajar dan Perempuan dan Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dengan program Rakernas dan Papua Mengajar pada posisi kedua.

Hasil penilaian diumumkan oleh dewan juri yang terdiri dari Maria Yohana Esti Wijayanti (Ketua, Komisi X DPR RI F-PDIP), Sanusi (Sekretaris, Kemenpora RI), Rachmat HS (Anggota, Ketua Pemuda Betawi), Yaqut Cholil Qoumas (Anggota, Ketua Umum GP Ansor), dan Indra Jaya Piliang (Anggota, Pengamat Politik - Partai Golkar). Pada hasil penilaian yang diumumkan, IPPNU meraih nilai 285, PMKRI meraih nilai 280, dan IPM meraih nilai 277. Posisi Juara Harapan I dan II masing-masing diisi oleh Kopri PMII dengan nilai 270 dan CIMSA dengan nilai 266.

Usai pengumuman OKP Berprestasi Nasional, Ketua Umum PP IPM, M. Khoirul Huda menanggapi hasil penilaian. Huda menyampaikan, "Tidak seperti dua penghargaan sebelumnya, untuk tahun 2016 kami tidak mengetahui kriteria apa saja yang menjadi standar penilaian dan berapa skor untuk masing-masing kriteria penilaian, karena memang tidak diumumkan secara rinci dan transparan kepada peserta penghargaan. Cenderung kontradiktif dengan tahun lalu yang sangat terbuka." 

Huda menambahkan, "Pendaftaran kali ini yang sejatinya ditutup tanggal 15, diperpanjang hingga tanggal 20 dengan alasan pendaftar yang membludak. Belakangan alasan tersebut kontradiktif dengan pernyataan juri saat pembukaan yang menyatakan jumlah pendaftar sedikit. Selain itu juga ada OKP yang ketuanya melampaui usia 30 tahun (tidak sesuai dengan syarat usia OKP) tetapi tetap masuk 10 besar. Kami sangat kagum dengan presentasinya KOPRI PMII dan CIMSA yang sangat apik menyajikan data program yang sudah mereka laksanakan. Tentunya, selamat kepada para pemenang dan terimakasih kepada segenap pihak dalam penghargaan ini."

Berikut bahan presentasi PP IPM dalam Penghargaan OKP Berprestasi Nasional 2016;
Bagaimanapun, IPM dengan gerakan yang menyentuh basis masa se-Indonesia dan didukung dengan kondisi administrasi yang mumpuni telah menyajikan semua data dengan valid dan akuntabel. Terimakasih kepada kader IPM dan alumni yang memberi dukungan tiada henti. Ayo terus belajar, beramal, dan berkarya. Jayalah IPM! (nab)

Sumber : www.ipm.or.id



1 komentar untuk "IPM, OKP Terbaik Nasional"