Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Delapan kekeliruan selama Ramadhan


Marhaban dan Ahlan Wasahlan Ramadhan.
Bulan Ramadhan sudah dekat, mari kita renungkan ada beberapa kekeliruan masih terjadi pada masyarakat selama bulan Ramadhan yang telah lalu.

1. Malas beraktifitas, puasa dijadikan alasan untuk berleha-leha malas-malasan, semua menjadi “ntar” atau ” tunggu nanti.
2. Puasa tapi tidak sholat fardhu, sudah bagus ada semangat puasa namun kebiasaan lama yang malas sholat masih menggelayuti jiwanya.
3. Berlebihan saat sahur dan berbuka, kiranya ini lebih pada anak-anak namun orang tua ada juga yang begitu, apalagi terhadap perokok seakan malam adalah waktu melepas hasrat rokoknya sepuasnya karena siang terkendala.
4. Puasa tapi tetap maksiat, misalnya ghibah masih tetap berlanjut karena kebiasaan ini diketahui tapi belum disadari.
5. Tidur berlebihan, karena adanya pemahaman bahwa tidur bagi orang yang berpuasa adalah ibadah, maka ia perbanyak tidur, tapi lalai dengan ibadah pokok maupun tanggung jawab lainnya.
6. Sengaja tidak tarawih, sendirian pun tidak dikerjakan apalagi berjamaah. Ada saja alasan entah imamnya ga enak, ceramahnya itu itu saja, kekenyangan dll.
7. Sibuk persiapan lebaran, mengejar diskon, memburu bahan makanan untuk dimasak saat lebaran, sibuk untuk pulang mudik dll.
8. Masih ada wanita yang tidak malu buka aurat selama meski ia berpuasa. Sedang ibadah tapi tidak mentaati Allah secara keseluruhan, belum Muslimah yang kaffah.

Posting Komentar untuk "Delapan kekeliruan selama Ramadhan"